Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Andy Apdhani
Hai semuanya,
Seperti yang kita sudah ketahui semua, pada awal februari kemarin bos ubuntu
datang ke indonesia, tujuan dari kedatangan dia adalah untuk memperkenalkan
ubuntu di indonesia terutama kepada kalangan pemerintah dan sektor bisnis.
Menurut saya hal itu adalah awal yang baik memperkenalkan Ubuntu sebagai
alternatif untuk mengatasi berbagai masalah di bidang industri software di
indonesia terutama yang berhubungan dengan masalah pembajakan.

Okeh kembali pada kunjungan bos ubuntu di indonesia, menurut saya alangkah
baiknya bila kunjungan tsb di tidak lanjuti oleh kita bersama terutama dari
komunitas ubuntu indonesia. Untuk dari itu saya mencoba mengusulkan sebuah ide
untuk menindak lanjuti hal tsb sekaligus untuk menghidupkan kegiatan pada
komunitas ubuntu-id. Ide saya yaitu sehubungan dengan masalah pemberantasan
pembajakan di indo *saya tahu itu hal yang sulit* ... kita tahu pemerintah hanya
bisa menyuruh kita untuk berhenti memakai produk bajakan tanpa memberikan solusi
yang berarti! Dalam rangka ini saya berusaha mengajukan ide pada teman-teman
dari komunitas ubuntu-id untuk membuat program "Hentikan Pembajakan Dengan
Ubuntu" ... Inti dari program ini adalah untuk memberikan informasi bahwa ada
software selain dari windows yang dapat kita gunakan secara bebas, berisikan
aplikasi yang tidak kalah bagusnya dari yang ada di windows dan juga tanpa harus
takut kalo polisi akan datang mengetuk pintu rumah anda :)

Tujuan dari program ini adalah untuk mendistribusikan cd ubuntu di tempat-tempat
umum seperti di warnet, kafe, toko buku, kampus, stasiun busway??, mangga dua?,
dan tempat-tempat lainnya *ada ide?* ... dengan kata lain untuk mempermudah
masyarakat untuk mendapatkan cd ubuntu dan tentu saja untuk mempromosikan ubuntu
lebih luas! Program ini sebenarnya mungkin sudah dilakukan kita semua secara
individu akan tetapi alangkah baiknya kita dari komunitas ubuntu-id mencoba
melakukannya secara bersama-sama tentu hasilnya akan lebih baik daripada
dilakukan secara sendiri *bukankah itu salah satu inti dari Free Software?*

Gimana menurut anda kawan-kawan? dibutuhkan saran, tanggapan, ide, masukan,
komentar, kritik?

--

[ a.boy.name.sue ]

Re: Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Frans Thamura @ Intercitra
basi :)

hehe,

buat news ngajak tetapi nick name

Frans

Hardware ubuntu

firmz

OOT,

Ada yang bisa kasih contoh H/W yang langsung kompatible dengan
Ubuntu/Kubuntu jadi begitu install langsung kinclong alias semuanya
ke-detek utamanya modem, VGA card dll yg biasanya masalahnya driver di
linux dan keluarganya....maklum end user nih :)

Thnx,

firmz

Re: Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Andy Apdhani
> basi  :)
> hehe,
> buat news ngajak tetapi nick name

udah basi yah boss? aagghhh :(
butuh nama asli yah klo bikin news ngajak?
sorryy setingan emailnya dah gini dari sonohnya :p
disini nama Andy Apdhani ... met kenal boss!
jadi enaknya bikin apaan nih bos? *bikin kopi kayanya enak tuh* heaheauhuae

--

[ a.boy.name.sue ]
--------------------

Re: Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Ezra Tibuludji
btul juga sih...
saya sudah mencobanya di kampus, tapi reaksi temen2 biasa aja (karena
dpt cd bagus + gratis). mereka tetep aja tuh pake windows di rumahnya.

sebenarnya ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan mereka,
diantaranya:
* game-game dilinux banyak ga?
(jwban sy: cukup banyak ah, malahan banyak yang bagus & gratis pula)

* koq di mangga2 tdk ada game2 linux sih?
(jwban sy: soalnya orang2 di mangga2 kuper2)

* trus koq kalau maen game 3d lebih ngelag dibandingkan diwindows yah?
(jwban sy: kan namanya emulated, jadi ya agak lambat)

* bisa maenin NFSU2 tdk?
(jwban sy: kalau ga salah bisa, pake wine/cedega)

* kalau mau install program gmn, saya ga ada koneksi internet nih?
(jwban sy: ya download dulu programmnya baru install)

* ada buku petunjuknya tdk?
(jwban sy: cukup banyak, tapi dalam bentuk digital & cari2 dari forum)

* sebenernya kelebihan ubuntu apa?
(jwban sy: cepet, keren & user friendly)

* dll

nah, bagaimana dengan rekan2?

saat ini sih saya pakai ubuntu di kantor & pakai fc4 di rumah.
kendala saya menggunakan ubuntu utk rmh ya krn ga bisa pakai apt-get,
soalnya ga ada internet. sebenarnya kalau ada yang menyediakan paket2
ubuntu dalam cd sih bagus juga. kita bisa lebih gampang distribusiin
ubuntu.
soalnya sewaktu menggunakan windows, orang2 mudah mendapatkan software
yang dibutuhkan.
dan kalau bisa komunitas buat buku manual yang lengkap untuk ubuntu,
kayak buku fedora/mandrake.

kalau bisa saya juga akan membantu :)

*dari komunitas untuk komunitas :D

Re: Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Alvonsius Albert
On Tuesday 28 February 2006 09:03, Ezra Tibuludji wrote:
> * ada buku petunjuknya tdk?
> (jwban sy: cukup banyak, tapi dalam bentuk digital & cari2 dari forum)

Hemm ... kalo gw ngeliat di sini ini adalah masalah cukup gede. Kebanyakan
dari kita, termasuk gw, berangkat migrasi ke Linux dengan basis hobby. Nah
sedangkan mereka di luar sana itu bergerak ke linux dengan basis kebutuhan
dan keterdesakan dengan masalah lisensi dan segala macamnya. Gw pernah
sharing dengan temen-temen dari sebuah perusahaan yang complain dengan Open
Office berat sekali dijalankan di komputer ketika membuka file besar dan
tidak ada kemudahan fasilitas semacam macro dan lain sebagainya. Kemudian
seorang teman berkata (mirip dengan mister Ezra), "yah ... susah amat install
program di linux ..."

Mungkin bagi sebagian besar kita yang hobby melihat console dan segala tulisan
yang bergerak-gerak seperti matrix ketika compiling, instalasi
dengan ./configure make make install itu adalah hal yang menyenangkan,
browsing ke google serta berpetualang ke milis2 tidak menghabiskan waktu dan
membosankan, mempelajari hal baru dan membedakan urpmi dengan apt-get serta
segala macam perintah lainnya sounds challenging .... maka yang menjadi
masalah kita adalah teman-teman yang tidak selamanya bisa terkoneksi dengan
internet, membutuhkan solusi secepatnya, tidak memiliki waktu maupun eager
untuk belajar lagi dan sedikit gaptek (only use computer just to play,
watching movies, and some office works) ...

Ini yang menjadi masalah gw liat ... pencucian otak oleh orang M$ udah
berjalan sekian puluh tahun dan sesuai dengan sifat dasar bangsa Indonesia
(yah setidaknya ini yang gw tangkep) yang maunya semua enak dengan sedikit
berusaha (klak klik beres) well ... mereka berhasil sekali ...

Mungkin bisa lebih ditekankan kepada pendampingan ketika menggunakan linux
bagi teman-teman kita, daripada hanya kepada pengenalan, pendistribusian.
Kalo cuman dipistribusikan ke warnet2 ... well, usernya suka nggak? Gimana
kalo warnet itu juga sedikit-sedikti menawarkan program pengenalan HOWTO Easy
Linux, dari yang simple-simple aja dah kaya save file, struktur direktori,
cara copy, dan bergerak dari situ ke yang susah-susah kaya pengertian kenapa
sih musti nge-mount, cara instalasi, dll. Kalo pertama udah susah mah mana
ada yang tahan. Anak bayi juga pertamanya dikasi bubur dulu baru dikasi ayam
goreng, padahal enakan ayam goreng tho ... hehehe. Jujur aja gw sering
jengkel juga sih ama temen-temen yang nanya2 soal linux ... dan sebenernya
ini yang harus dihilangkan ... kita harus bersikap sebagai seorang friend
daripada seorang expert ... pendekatan bersahabat lebih baik daripada
pendekatan seorang ahli ... hehehe

Mari kita sebarkan "virus" i-love-linux ini eheheheh ....

*duh iki aku nulis opo toh* :p

Re: Hardware ubuntu

Ali Milis
> [...]
> ke-detek utamanya modem, VGA card dll yg biasanya masalahnya driver di
> linux dan keluarganya....maklum end user nih :)

Silakan intip:
http://www.id.debian.org/doc/FAQ/ch-compat.en.html#s-arches
http://en.tldp.org/FAQ/Linux-FAQ/kernel.html#does-linux-run-on-my-computer

--
Raja Ali M.I. Ilias, Bengkalis, https://wiki.ubuntu.com/AliMilis
Counted GNU/Linux Engineer # 405138 - http://counter.li.org/

Re: Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Rudi-5

> [...]

On Tuesday 28 February 2006 09:03, Ezra Tibuludji wrote:
> dan kalau bisa komunitas buat buku manual yang lengkap untuk ubuntu,

Bikin buku manual? maksudnya buku beneran? boleeh juga sih ... tapi repot deh
bos ... mendingan bikin di web aja! khusus untuk ubuntu-id! saya pernah liat
indonesia doc di wiki ubuntu:
https://wiki.ubuntu.com/IndonesianUserDocumentation  - klo mau bantu-bantu
translate silakan aja bos!

Trus saya pernah sih email ke gudanglinux.com & sentralinux.com request ngadain
ubuntu dvd atau cd paket dari universe repos! tapi gak pernah dibales *ada yang
dari gudanglinux/sentralinux?*

On Tuesday 28 February 2006 09:41, alvonsius albert wrote:
> Mari kita sebarkan "virus" i-love-linux ini eheheheh ....

Saya juga pernah melakukan hal yang sama dengan om erza dan hasilnya juga
serupa. Sebenarnya saja juga bingung kenapa saya suka dengan linux, kalo dari
segi kemudahan? jelas windows lebih mudah ... dari segi harga? pergi ke mangga
dua! kasih 25000 dah dapet segala jenis program dan gak usah cape-cape download!
Trus apa donk kelebihan dari linux klo begitu? mau install aja repotnya minta
ampun, tampilan biasa-biasa aja, trus maen game susah *seperti kata om albert*
... Bagi saya Linux bukan sekedar OS saja tetapi lebih dari itu terutama karena
konsep yang ada dibelakang GNU/Linux, dimana satu individu saling bantu individu
lain demi kepentingan bersama! ... bukankah itu sesuai dengan asas gotong-royong
pancasila? lupa sila berapa? heauehau *langsung dikeroyok orang sekampung*

Lagipula linux dan windows memang tidak dapat disamakan begitu saja, karena
masing-masing berasal dari konsep yang berbeda ... jadi bila ada aplikasi Linux
yang bekerja tidak sama seperti dengan yang ada di windows, yaahh wajah saja!
*loh ini kan linux bukan windows* ... Memang masy. kita sudah terbiasa dengan
pemakaian windows ... tetapi ini kan cuman masalah terbiasa atau tidak! dan
kebiasaan menurut saya bisa dirubah! dan benar kata om albert, pendekatan
bersahabat sangat diperlukan untuk merubah kebiasaan ini. Setuju!!!

--

[ a.boy.name.sue ]
--------------------

On 3/1/06, a boy name sue <[hidden email]> wrote:
... tetapi ini kan cuman masalah terbiasa atau tidak! dan
kebiasaan menurut saya bisa dirubah! dan benar kata om albert, pendekatan
bersahabat sangat diperlukan untuk merubah kebiasaan ini. Setuju!!!

bener 85%. sebagian besar memang cuma masalah kebiasaan. tapi saya lebih setuju kalo kata "cuman" diilangin. kebiasaan ini ternyata krusial banget. IMHO, ini yg bikin M$ dari dulu ngebiarin produknya dibajak. sekarang juga departemen pemerintah & sekolah negeri digratisin.
aku pernah sharing sama kepala sekolah salah satu smp negri disini, mata pelajaran komputer di smp itu ada yg judulnya "pengenalan ms word" dan "pengenalan ms excel". berarti kebiasaan ber-M$ udah disuntikkan sejak masa sekolah. kalo mau netral kan harusnya "pengenalan kepada word processor" dan "pengenalan kepada spreadsheet".
nah, kalo linux mau nyusul winslows, kita ga bisa hanya saling mendukung diantara anggota komunitas sendiri. harus lebih proaktip dan diarahkan keluar, ditambah strategi marketing yang bisa ngalahin punya M$, karna saya yakin secara teknis linux punya potensi yang besar dan didukung pilosopi yang keren banget.

regards

rudi
--
http://www.bungrudi.com/

Re: Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Rendy Satrya
Kalau usul dari saya sebaiknya kita terlebih dahulu perlu membuat suatu
panduan untuk orang awam bisa menguasai Linux (Ubuntu?), menurut
pengalaman saya sangat sulit untuk memulai belajar linux karena tidak
ada panduan yang "ringan" dan user-friendly seperti yang diterapkan pada
saat belajar M$. Kebanyakan dokumen2 linux sulit dimengerti orang awam.
Kita sering menganggap bahwa LINUX memang beda dari M$ jadi maklum saja
kalau lebih sulit, padahal lebih banyak orang yang kurang mengerti dan
mau yang mudah2 saja. Begitu lihat panduan instalasi pun sudah pusing
apalagi untuk lanjut ke tahap berikutnya. Panduan yang saya pakai dari
ilmukomputer.com pun menurut saya masih terlalu sulit untuk user yang
biasa pakai M$. Mungkin ada teman2 yang ada ide lain? Btw apa sudah ada
wiki ubuntu dalam bahasa indonesia?

Best Regards
Rendy Satrya
www.Satrya.co.nr

Rendy Satrya wrote:
> biasa pakai M$. Mungkin ada teman2 yang ada ide lain? Btw apa sudah ada
> wiki ubuntu dalam bahasa indonesia?

Yang terpikir oleh sayah bagusnya sih kalo ada satu site khusus untuk menampung
dokumentasi ubuntu/linux dalam bahasa indonesia! *ada yang mau bantu? hosting?*
... soalnya sekarang ini untuk mencari dokumentasi kita harus mencari di
berbagai site! dari segi waktu kurang efisien! ... Lalu mengenai dokumentasi
yang kebanyakan dalam bhs inggris, baiknya sih diterjemahkan ke bhs indo! memang
sudah banyak yang melakukannya *salam hormat selalu* tetapi sayangnya tidak ada
koordinasi antara satu dengan lain, masing-masing bekerja sendiri-sendiri
*termasuk saya juga :)* Padahal menurut saya koordinasi itu perlu sekali,
salah satunya untuk membagi tugas menerjemahkan panduan, agar tidak saling
tumpang tindih! dengan begitu kan kerjaan jadi lebih efisien! bukan begitu om?
pertanyaan saya: bagaimana nih cara untuk mengkoordinasikan mereka?

wiki dalam bhs indo - https://wiki.ubuntu.com/IndonesianUserDocumentation  *thx
to om gde ba* - tapi HowTo disana masih banyak yang belum di terjemahkan ...
kalo mau bantu-bantu silakan saja om!

Rudi wrote:
> [...]
> keluar, ditambah strategi marketing yang bisa ngalahin punya M$, karna
> saya yakin secara teknis linux punya potensi yang besar dan didukung

Itu yang saya ingin ajak pada semuanya! dimulai dengan berkolaborasi
mendistribusikan cd ubuntu di tempat-tempat umum! *let's drop linux into their
own backyard* ... tujuan dari ini? sederhana saja untuk menarik perhatian
orang-orang yang anda di tempat tsb untuk mengambil cd ubuntu *syukur-syukur mau
mencobanya* ... tapi itu sudah cukup! dengan mengambil mereka pasti jadi tau
info tentang linux! *gimana mau ngalahin m$ wong linux aja gak pernah denger*
... okay selamat mereka mendapatkan kosakata baru! ... setelah itu mungkin
mereka akan bertanya: apa sih linux? apa sih ubuntu, bedanya sama m$ apa?
sebagian akan mencari lebih lanjut ttg linux *baik nanya tetangga, atau mencari
tahu lewat wikipedia*, sementara sebagian besar mungkin tidak perduli! *tidak
masalah, setelah linux jadi trend, mereka ini pasti akan ngikut* ... nah dapet
sebagian kecil orang yang tertarik terhadap linux saja untuk saat ini sudah
berarti besar! ... selanjutnya yaa itu seperti yang kawan-kawan katakan mengenai
pentingnya panduan-panduan mengenai linux untuk membantu yang sebagian kecil
ini! masalah untuk mengalahkan m$ bukanlah tujuan saya, yang saya inginkan
hanyalah memperkenalkan free software di indo! *tidak lebih tidak kurang* -
biarkan waktu yang menilai sistem mana yang paling ideal untuk kita semua! :D
... dan klo hal ini berjalan dengan baik, saya yakin pecinta linux di indonesia
makin bertambah banyak! *perlahan tapi pasti*

--

[ a.boy.name.sue ]
--------------------

ps:
untuk om rudi buat iseng-iseng, pendapat bos ubuntu kenapa komunitas
linux lebih milih diversity dibandingkan compability!
https://wiki.ubuntu.com/MarkShuttleworth

On 3/2/06, a boy name sue <[hidden email]> wrote:

untuk om rudi buat iseng-iseng, pendapat bos ubuntu kenapa komunitas
linux lebih milih diversity dibandingkan compability!
https://wiki.ubuntu.com/MarkShuttleworth

thanks for the enlightment. tapi yang mana kata2nya? :))

[...]

nor mine. yang pengen saya kalahkan strategi marketingnya yang menurut saya membodohkan orang kita yang awam komputer dan ga punya banyak waktu untuk lebih mengenal komputer. paling tidak jangan sampe pelajaran di sekolah dasar (tk-sma) ada orientasi m$ nya.
--
http://www.bungrudi.com/

Rudi wrote:
> [...]
> untuk lebih mengenal komputer. paling tidak jangan sampe pelajaran di
> sekolah dasar (tk-sma) ada orientasi m$ nya.

menurut saya bukankah m$ hanyalah sekedar cerminan dari sistem yang ada
sekarang? *individu saling menindas individu lain demi kepentingan sedikit
golongan* ... dan bukan hanya dalam industri software saja hal tsb berlaku
tetapi juga terjadi di semua aspek kehidupan kita! dengan memakai label
standarisasi atau globalisasi, mereka berusaha untuk mencipta suatu standar baku
yang menurut mereka sesuai dengan kita! tujuan dari semua ini, menurut saya
untuk mengontrol pola pikir kita semua, dan ujung-ujungnya yah kembali ke
kapital!  contoh selain dari m$ mungkin saya dapat melihatnya dalam industri
kecantikan, coba anda lihat iklan produk kecantikan! bukankah hampir semuanya
mirip! bagaimana mereka menggambarkan manusia ideal dengan tubuh langsing atau
berotot, kulit putih, hidung mancung, bersih & harum, dsb dsb! secara tidak
langsung mereka berusaha menyeragamkan dan menanamkan konsep itu kedalam pikiran
kita! dan bila penampilan kita tidak berada dalam kategori tersebut! kita
disebut kuno dan ketinggalan jaman! *bukankah ini termasuk pembodohan* jadi mau
tidak mau kita mengikuti seperti yang mereka inginkan  ... dan itu berarti kita
harus mengkonsumsi produk-produk mereka! *i consumed therefore i am* ...
konsumsi kita sama dengan kapital untuk mereka! agghhhh helepp heleepp :)
jadi untuk mengalahkan strategi marketingnya m$ berarti situ juga harus merubah
sistem yang dianut didunia saat ini! siap bung rudi? *saya bantu-bantu dikit deh
:)* ... so will the world end in the night time or in the day time? i really
don't know! ... what i do know is that i need a cigarette! and i need it now!
got one? :-D

wah sorry jadi nyimpang dari thread awal nih! gimana donk bikin ubuntu jadi bisa
lebih diterima disini?

--

[ a.boy.name.sue ]
[ chain smoking, cold coffee, logic, deduction ]

Re: Hentikan Pembajakan Dengan Ubuntu

Rudi-5
hehehe.. anda sedikit terlalu jauh bung. sebenernya intinya sederhana kok. di sekolah dasar (sd-sma) pelajaran komputernya ya "dasar-dasar komputer", bukan "dasar-dasar m$ platform". mungkin bisa dimulai dari workshop untuk kepala2 sekolah/guru2. saya sendiri punya plan untuk bikin pilot project instalasi edubuntu+ltsp untuk lab di sma saya dulu. sayangnya saya masih harus berhadapan sama kolega saya (teman sma) yang sekarang jadi tutor komputer disitu dan ga kenal linux.

cheers