Re: Salam Kenal

Fransisca Hanum (gawab)
Halo ubuntu-id,

Aku gk sengaja nemu milist ini pas lg browsing2 di Comunity-nya
Ubuntu. Jadi ya langsung join aja..salam kenal semua..:-)

> Gossipnya dari hasil UBZ (Ubuntu Below Zero) di Montreal kemaren,
> Dapper Drake (Ubuntu 6.04) akan lebih fokus ke Kubuntu. Dan si Mark
> Shuttleworth sendiri sudah mulai memakai kubuntu untuk desktopnya.

Um..maksudnya lebih fokus ke Kubuntu itu kedepannya Ubuntu
akan jadi'in KDE sebagai main desktop mgr-nya ganti'in Gnome atau
Ubuntu dan Kubuntu akan tetap jadi projek sendiri-sendiri cuman
Kubuntu akan lebih digaungkan? Atau ada maksud yg lain?

Terima kasih..:-)

--
fransisca hanum

Re: Re: Salam Kenal

risiyanto budi
Fransisca Hanum (gawab) wrote:

> [...]
>Ubuntu dan Kubuntu akan tetap jadi projek sendiri-sendiri cuman
>Kubuntu akan lebih digaungkan? Atau ada maksud yg lain?

tetep jadi proyek sendiri-sendiri.
dan masing masing punya tim sendiri-sendiri.
so gak ada yang dilebihkan atau dikurangkan.

btw saya sendiri lebih suka xubuntu

Aris
http://risiyanto.budi.or.id/blog/

Re[2]: Re: Salam Kenal + maintain data waktu upgrade ubuntu

Fransisca Hanum (gawab)

Monday, November 14, 2005, 11:16:35 AM, you wrote:

> tetep jadi proyek sendiri-sendiri.
> dan masing masing punya tim sendiri-sendiri.
> so gak ada yang dilebihkan atau dikurangkan.
Aris, makasih buat reply-nya...

> btw saya sendiri lebih suka xubuntu
lebih ringan ya pake Xfce4...aku gk familiar sih dengan ini mungkin
lain kali dicoba..;-)

Um..aku agak penasaran soal penyimpanan data2 di linux kalau kita
sering ganti/upgrade distro. Buat temen-temen yang ud sering banget
pake linux (ubuntu)..kan tiap bbrp waktu keluar edisi terbarunya.
Gimana cara keep data-data yang ud ada ya biar waktu transisi ke versi
yang lebih baru tetap bisa nerusin kerjaan? Aku sendiri belum pernah pakai
linux untuk kerjaan sehari-hari paling install di spare hd..tus kalo
ada yg baru install lagi (format ulang) krn ya belum ada data2 penting.
Tp sepertinya aku mau serius sama ubuntu makanya aku mau keep data2
personalnya (email di evolution, data di /home, dkk). Apa lebih enak kalau
semua itu dibikinin partisi sendiri? atau gmn?

ada yang mau bagi-bagi crt ttg kebiasaan utk atasin hal ini?
matur nuwun sanget..:-)

--
fransisca hanum

Re: Re: Salam Kenal + maintain data waktu upgrade ubuntu

> [...]

>personalnya (email di evolution, data di /home, dkk). Apa lebih enak kalau
>semua itu dibikinin partisi sendiri? atau gmn?

iya, bikin partisi sendiri /home
data data user akan di keep disitu.

kalau ganti distro, partisi lain boleh diformat,
tapi partisi /home jangan.

Aris

Re: Re: Salam Kenal

Andi Darmawan-2

Re: Re[2]: Re: Salam Kenal + maintain data waktu upgrade ubuntu

Samiaji Sarosa
Kalau di Ubuntu kan tinggal ubah sources.list ke distribusi yg baru
(misalnya dr Hoary ke Breezy) lalu sudo apt-get update, sudo apt-get
dist-upgrade. Atau kalau pakai CDnya ya tinggal sudo apt-cdrom add, sudo
apt-get dist-upgrade

Salam
Samiaji

Re: Re: Salam Kenal

risiyanto budi
Andi Darmawan wrote:

>yup, tetep proyek sendiri-sendiri...
>cuma kan kelihatannya kubuntu tuh agak di anak tirikan, kalau ngga
>salah untuk versi 5.10 ini lebih banyak bugs di kubuntu daripada di
>ubuntu. Jadi mereka mau fokus di kubuntu (tanpa meninggalkan ubuntu)
>dan mungkin akan merilis xubuntu juga di versi 6.04 nanti.
>Jadi nanti ada Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu dan Xubuntu.
>
>Btw, hari ini baru dapet kiriman dari shipit, 25 cd ubuntu 5.10 :D

>Mas Aris, blog nya bagus :-)
>saya link dari blog saya yah http://belutz.blogspot.com :)

haduh 3x
blog apa adanya gitu dibilang bagus :">

Thanks ya mau ngelink,
coba sekalian ndaptar di http://planet.terasi.net banyak blog yang lebih
bagus disitu.

Salam
Aris

Re: Re[2]: Re: Salam Kenal + maintain data waktu upgrade ubuntu

Yudhistiro Trah Kusumonegoro
"Fransisca Hanum (gawab)" <[hidden email]> wrote:

> [...]
> semua itu dibikinin partisi sendiri? atau gmn?
>
> ada yang mau bagi-bagi crt ttg kebiasaan utk atasin hal ini?

Dear Francisca Hanum,

Dari pengalaman saya pakai ubuntu mulai 4.10 (Warty) sampai 5.10 (Breezy), proses upgrade dari Ubuntu lumayan aman. Untuk upgrade ke release berikutnya tidak perlu memformat ulang partisi yang ada. Cukup dengan mengupdate repository list di sources.list terus apt-get update dan apt-get dist-upgrade. Namun untuk lebih amannya, memang sebaiknya /home diletakkan di partisi yang terpisah dan dilakukan backup secara periodik (tar?). Jadi kalau ada data yg corrupt tinggal di restore saja.

Salam,

YTK

Re: Re: Salam Kenal

risiyanto budi <[hidden email]> wrote:

> tetep jadi proyek sendiri-sendiri.
> dan masing masing punya tim sendiri-sendiri.
> so gak ada yang dilebihkan atau dikurangkan.

> [...]

Bung Aris,

Mau nanya nih.
Xubuntu sampeyan bisa keluar suaranya nggak?
Bagi2 trik nya donk :-)

Salam

YTK

Re: Re: Salam Kenal

risiyanto budi
Yudhistiro Trah Kusumonegoro wrote:

>Bung Aris,
>
>Mau nanya nih.
>Xubuntu sampeyan bisa keluar suaranya nggak?
>Bagi2 trik nya donk :-)
>
>Salam
>
>YTK

Bung Yudhistiro,

nyetel mp3, avi tetep keluar suara.
pas login, keluar juga suara ketipung.

minimize, maximize gak ada suara,
emang sudah saya ilangin sih semenjak pake gnome.

Aris

Re[2]: Re: Salam Kenal

Fransisca Hanum (gawab)
Hello Andi,

Tuesday, November 15, 2005, 12:09:43 AM, you wrote:

> [...]
> dan mungkin akan merilis xubuntu juga di versi 6.04 nanti.
> Jadi nanti ada Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu dan Xubuntu.
iya sih terasa juga *anak tirianya* Kubuntu belum bisa dipesen lewat
shipit jadi ya waktu itu karena penasaran beli di GLX aja..
Wah moga edisi Dapper nanti semua itu disertakan lewat shipit..;-)

> Btw, hari ini baru dapet kiriman dari shipit, 25 cd ubuntu 5.10 :D
wah 25 CD? hehehe...aduh kmrin aku minta yang edisi per platform
masing2 satu (penasaran mau install di power pc punya kantor hehe)
CD sebanyak itu buat dibikin acara khusus *ubuntu_day* atau dibagi ke
temen-temen aja, Mas Andi? :D

oh ya gara-gara Mas Aris sebut2 xfce aku jd penasaran, skrg
tampilannya clean banget ya...

> Mas Aris, blog nya bagus :-)
> saya link dari blog saya yah http://belutz.blogspot.com :)
aduh iya, kmrin ud tak langsung add abisan kok ya, kiut (cute)
juga..aku suka bahasanya Mas Aris...;-) Mas Andi juga ud added..

(kalo dibawah ini blog curahan hatiku aja. Jadi inget teks I'll be
bloggin' it--parodinya "Every Breath You Take"--semua - semua di blog)
:D
http://lkwiki.nomeata.de/index.cgi?IllBeBloggingIt

--
fransisca hanum
http://flashed.blogspot.com

Re: Re: Salam Kenal

Frans Thamura @ Intercitra

> [...]
> Ubuntu dan Kubuntu akan tetap jadi projek sendiri-sendiri cuman
> Kubuntu akan lebih digaungkan? Atau ada maksud yg lain?

program kerja ubuntu milis ini sebenarnya merupakan program kerja IGOS ,
yaitu mempromosikan Ubuntu secara nasional,

dan yang lebih bersifat kenegaraan adalah mempelajari Ubuntu versi april
yang memiliki fitur rebranding, sehingga ada program lokalisasi ubuntu.

program ini mirip dengan program IGOS tahun ini yang mengeluarkan Warung
IGOS, Blankon yang merupakan rebranding dari Fedora.

itu salah satunya.

yang lain adalah bekerja sama dengan project Kresnanya Ristek, untuk
mendistribusikan repository Ubuntu yang 19GB. CMIIW, secara nasional.

sedangkan untuk KDE atau GNOME, biarkan rekan-rekan yang lain yang bebas
mengembangkannya.

kebetulan milis ini pemberian JEff Waugh, orang no. 4 di Canonical.

saat ini team yang mengerjakan ini baru Saya dan Andi.

mungkin ada rekan-rekan yang mau membantu, maklum beberapa bisnis model
kestabilian project ini harus dipikirkan,

diharapkan project kresna dan ubuntu ini akan mandiri dalam 2 tahun.

Frans

Re: Re: Salam Kenal

> [...]

> pas login, keluar juga suara ketipung.
>
> minimize, maximize gak ada suara,
> emang sudah saya ilangin sih semenjak pake gnome.

Suara ketipung? Pakai GDM ya?
Punyaku polosan, masuk X-Window harus ngetik startx :-)
BTW sekarang Xubuntu-ku sudah berbunyi.
Baru dikasih tahu sama teman2 di #xubuntu kalau apps yg mau berbunyi harus langsung diarahkan pakai alsa. Katanya di Xubuntu nggak ada sound daemon-nya.
Mudah-mudahan di Drapper Drake, Xubuntu bisa lebih "mature & humanly".

Salam,

YTK

Re: Re[2]: Re: Salam Kenal

Andi Darmawan-2
On 11/15/05, Fransisca Hanum (gawab) <[hidden email]> wrote:
> Hello Andi,

Hallo juga Fransisca,

> iya sih terasa juga *anak tirianya* Kubuntu belum bisa dipesen lewat
> shipit jadi ya waktu itu karena penasaran beli di GLX aja..
> Wah moga edisi Dapper nanti semua itu disertakan lewat shipit..;-)

mudah-mudahan, tapi kayaknya ngga akan deh.
ya sebenarnya ubuntu bisa "disulap" jadi kubuntu dengan menginstal
kubuntu-desktop. Jadi mungkin itu salah satu alasan mengapa cuma
ubuntu yang disediakan di shipit, juga masalah dana untuk memproduksi
pressed CD's tersebut.

> [...]
> masing2 satu (penasaran mau install di power pc punya kantor hehe)
> CD sebanyak itu buat dibikin acara khusus *ubuntu_day* atau dibagi ke

Rencananya sih mau dibagi2 ke temen2 aja, biar pada nyobain linux dan
merubah mindset mereka bahwa masih ada OS lain selain Windows. Tapi
kalau mengharapkan mereka migrasi ke Linux sih masih agak terlalu
muluk. Soalnya ya... begitulah hehehe...

[..]

--
Andi 'Belutz' Darmawan
http://belutz.blogspot.com

Re: Re[2]: Re: Salam Kenal

Bondhan Novandy
ada yang punya tutorial ganti gnome ke kde?

On 11/16/05, Andi Darmawan <[hidden email]> wrote:
On 11/15/05, Fransisca Hanum (gawab) <[hidden email]> wrote:
> Hello Andi,

Hallo juga Fransisca,

> [...]

kalau mengharapkan mereka migrasi ke Linux sih masih agak terlalu
muluk. Soalnya ya... begitulah hehehe...

Re[4]: Re: Salam Kenal

Fransisca Hanum (gawab)
Hello Mas Andi,

Wednesday, November 16, 2005, 2:24:56 AM, you wrote:
> [...]
> kubuntu-desktop. Jadi mungkin itu salah satu alasan mengapa cuma
> ubuntu yang disediakan di shipit, juga masalah dana untuk memproduksi
hmm...kalo memang hanya gt aja cara untuk pindah ke Kubuntu knp mrk
gak include KDE option aja ya dlm cd mrk (spt distro2 yang lain, RH_FC
misalnya)?

> [...]
> kalau mengharapkan mereka migrasi ke Linux sih masih agak terlalu
> muluk. Soalnya ya... begitulah hehehe...
hmm..iya sih tp kalo denger dari pengalaman tmnku yg kerja di MRA
(group cosmopolitan, fhm, dkk) disana semua komp-nya pake Linux
(RH/FC) atau Macos X aja. Mrk bisa nerima tuh..even kalau ada pegawai
baru, mrk gk shock atau gimana. Paling cuman, "oh..ini agak beda
ya..." tp tus ya tetep aja terusin liat2 dan langsung kerja tanpa
hambatan yg berarti. Dan tmnku skrg jd lebih *respect* sama linux (dia
designer) krn gk sangka kalo linux tampilannya ud bagus banget dan gk
susah dipakenya.
Menurutku penerimaan spt itu bisa terjadi karena dukungan/kepercayaan
dan commitment management sama Linux jadi ya karyawan mrk pasti akan
nrimo2 aja daripada di pecat :p (entah deh gmn dulu org2 IT nya
meyakinkan mrk)

--
fransisca hanum
http://flashed.blogspot.com

Re[2]: Re: Salam Kenal

Fransisca Hanum (gawab)
Hello Pak Frans,

Tuesday, November 15, 2005, 11:27:38 AM, you wrote:

> program kerja ubuntu milis ini sebenarnya merupakan program kerja IGOS ,
> yaitu mempromosikan Ubuntu secara nasional,
oh programnya IGOS ya? Lalu gmn dengan IGOS Desktop mrk? (yg aku
sendiri belum pernah lihat sih) ktnya bayar $50 ya, knp? :(

> [...]

> program ini mirip dengan program IGOS tahun ini yang mengeluarkan Warung
> IGOS, Blankon yang merupakan rebranding dari Fedora.
Lalu nanti kalau ubuntu sudah dilokalisasi/rebranding akan tetap
disupport lokal juga kan? lalu bedanya dengan Blankon?
Apakah support service-nya dari Fedora kurang baik?

--
fransisca hanum
http://flashed.blogspot.com

Re[4]: Re: Salam Kenal + maintain data waktu upgrade ubuntu

Fransisca Hanum (gawab)
Hello Yudhistiro,

Tuesday, November 15, 2005, 10:24:04 AM, you wrote:
> [...]

> memang sebaiknya /home diletakkan di partisi yang terpisah dan
> dilakukan backup secara periodik (tar?). Jadi kalau ada data yg
sip. akan kuikutin deh sarannya..makasih ya..
tp aku baru liat lewat dmesg sptnya I/O hd ku error dan menurut hasil
googling itu hardware-nya failure jd mesti ganti :( bener ya?

[...]
ide: failed opcode was: unknown
hda: task_in_intr: status=0x59 { DriveReady SeekComplete DataRequest Error }
hda: task_in_intr: error=0x01 { AddrMarkNotFound }, LBAsect=11327818, sector=11327818
[...]
ide0: reset: success
hda: task_in_intr: status=0x59 { DriveReady SeekComplete DataRequest Error }
hda: task_in_intr: error=0x01 { AddrMarkNotFound }, LBAsect=11327818, sector=11327818
ide: failed opcode was: unknown
end_request: I/O error, dev hda, sector 11327818
Buffer I/O error on device hda6, logical block 367019
cs: IO port probe 0x0100-0x04ff: excluding 0x4d0-0x4d7
cs: IO port probe 0x0800-0x08ff: clean.
cs: IO port probe 0x0c00-0x0cff: clean.
cs: IO port probe 0x0a00-0x0aff: clean.

--
fransisca hanum
http://flashed.blogspot.com

Re: Re[4]: Re: Salam Kenal + maintain data waktu upgrade ubuntu

Bondhan Novandy
Ada tutorial lengkap mengenai semua kernel Linux? Probing Modul? kalo bisa sih pdf format? Minta linknya donk!

Btw, Ubuntu ku tuh sering kepake oleh publik, trus pas loading byk muncul error tentan USB, ada tutorial tentang USB module di linux??

regards,

Bondhan N