direktori/file terkunci

beni
saya baru instal ubuntu 5.10, setelah saya install memang tidak bisa login graphic pake root, tetapi user normal.yang jadi masalah saya tidak bisa write semua folder, kecuali di /home/user....setelah saya lihat properties -> permission ada keterangan saya bukan owner (root).
saya coba sudo kemudian saya chown, chmod tetep gak bisa.
saya coba edit fstab ke home/user saya tetep ga bisa ditulisi.....

pemikiran saya mungkin bisa hanya dengan login root dari awal (mode graphic).
mungkin ada yang bisa bantu konfigurasi untuk login root dari awal atau buka direktori yang terkunci tersebut supaya saya bisa bekerja lagi?

makasih temen2