space habis di ubuntu/kubuntu

Ryo Saeba
saya baru melakukan instalasi kubuntu beberapa hari yang lalu, setelah
secara tiba-tiba instalasi sebelumnya (ubuntu breezy) space habis
mendadak dan walaupun sudah masuk mode single user dan menghapus
banyak file, tetap diberitahukan bahwa tidak ada storage yang tersisa.
berhubung saya ingin mencoba kubuntu, akhirnya instalasi ubuntu ini
saya sikat habis. btw storage yang saya pakai adalah HDD IDE 20 GB.

malam ini sewaktu menjalankan apt-get update, ternyata terjadi lagi
situasi space habis ini. ini error yang saya dapat:

E: Unable to write mmap - msync (28 No space left on device)

kebetulan ada beberapa file ukuran besar yang bisa saya hapus,
sehingga ada 1.7 GB yang free. namun dengan takjub ketika saya
melakukan df -h, angka 1.7 GB tadi menciut dengan sangat cepat, kira2
100 MB per menit! dalam kepanikan saya coba cari folder mana yang
memakan storage. ternyata ketemu, ada di /var/log:

/var/log$ du -h
4.0K    ./news
4.1M    ./installer/cdebconf
4.6M    ./installer
20K     ./cups
20K     ./apache2
15G     ./gnump3d
15G     .

/var/log/gnump3d$ ls -al
total 14833556
drwxr-xr-x  2 gnump3d nogroup        4096 2006-01-06 16:01 .
drwxr-xr-x  7 root    root           4096 2006-01-09 22:45 ..
-rw-r--r--  1 root    root           1737 2006-01-09 13:33 access.log
-rw-r--r--  1 root    root    15174707219 2006-01-09 22:48 error.log

ok, saya stop gnump3d, bahkan saya remove dengan apt-get. saya hapus
folder /var/log/gnump3d....

/var/log$ sudo rm -rf gnump3d/
/var/log$ df -h
Filesystem            Size  Used Avail Use% Mounted on
/dev/hda1              18G   17G  688M  97% /
tmpfs                 253M     0  253M   0% /dev/shm
tmpfs                 253M   13M  240M   5% /lib/modules/2.6.12-9-386/volatile

namun seperti terlihat di atas, no effect. nggak keliatan sama sekali
kalau saya baru membebaskan 15 GB space.

penasaran, saya coba du dari /:

/$ sudo du -h --max-depth=1
48K     ./lost+found
15M     ./etc
16K     ./media
425M    ./var
86M     ./lib
1.4G    ./usr
4.0M    ./bin
7.4M    ./boot
2.9M    ./dev
17M     ./home
4.0K    ./mnt
514M    ./proc
100K    ./root
8.0M    ./sbin
60K     ./tmp
0       ./sys
4.0K    ./srv
4.0K    ./opt
4.0K    ./initrd
4.0K    ./debootstrap
2.5G    .

yang terpakai cuma 2.5 GB!

dengan kecepatan menciut sekitar 100 MB per menit, akhirnya kondisi
terakhir adalah:

/$ df -h
Filesystem            Size  Used Avail Use% Mounted on
/dev/hda1              18G   18G     0 100% /
tmpfs                 253M     0  253M   0% /dev/shm
tmpfs                 253M   13M  240M   5% /lib/modules/2.6.12-9-386/volatile

hasil dmesg:

/$ dmesg | tail
[4349484.855000] SCSI error : <0 0 0 0> return code = 0x8000002
[4349484.855000] sda: Current: sense key: Medium Error
[4349484.855000]     ASC=0x11 ASCQ=0x20
[4349484.855000] end_request: I/O error, dev sda, sector 0
[4349484.855000] Buffer I/O error on device sda, logical block 0
[4349484.866000] SCSI error : <0 0 0 0> return code = 0x8000002
[4349484.866000] sda: Current: sense key: Medium Error
[4349484.866000]     ASC=0x11 ASCQ=0x20
[4349484.866000] end_request: I/O error, dev sda, sector 0
[4349484.866000] Buffer I/O error on device sda, logical block 0

apakah ini memang ada error fisik di hdd 20 GB itu, atau memang pesan
error di atas berhubungan dengan habisnya space? kalau memang bukan
masalah hardware, lalu kira2 apa penyebabnya? instalasi ubuntu saya
sebelumnya sudah berjalan selama berbulan-bulan tanpa problem. saya
agak curiga ini berhubungan dengan ssh, karena sewaktu space habis di
instalasi ubuntu, itu terjadi setelah ada update ssh dan saya
melakukan ssh dari mesin lain.

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id

ubuntu untuk notebook

Setia Budi (Boedy)
Saya pengguna Fedora dan ada keinginan untuk menggunakan ubuntu untuk
notebook.
Yang mau saya tanyakan adalah seberapa bagus sich dukungan paket2 untuk
ubuntu?
Kalau menggunakan Fedora khan udah tersedia banyak sekali repository
sitenya.
Untuk ubuntu sendiri adakah rekan2 yang bisa mmberikan referensi
reposiroty sitenya?
Oh ya, saya juga cukup kesulitan dalam menginstall OOo 2.0 di ubuntu
karena paket yang ada hanya tersedia dalam *.rpm

*Setia Budi*
Lecturer
IT Maranatha <http://www.itmaranatha.org>
No Limits, No Boundaries
Jl. Prof. drg. Suria Sumantri No. 65
Bandung 40164
Indonesia

Re: ubuntu untuk notebook

Frans Thamura @ Intercitra
Setia Budi wrote:

> [...]
> Oh ya, saya juga cukup kesulitan dalam menginstall OOo 2.0 di ubuntu
> karena paket yang ada hanya tersedia dalam *.rpm
saya pake, tetapi yah itu oo 2.0nya gak beres, sampe sekarang patchnya
untuk OO 2.0 belum keluar.

ini yang jelek dari ubuntu.

Frans

Re: ubuntu untuk notebook

Yoseph Handoko-2
Saya memakai ubuntu untuk laptop toshiba saya, malah ubuntu bisa dipakai
untuk kerja keras tanpa crash sama sekali, jauh dibandingkan sewaktu
memakai XP dulu.
Saya pakai toshiba Satellite Pro 6600.

Untuk daftar repositories, coba buka https://wiki.ubuntu.com/Archive dan
untuk mengubah program .rpm menjadi deb (supaya bisa diinstal di ubuntu)
coba gunakan perintah :

$sudo alien package_file.rpm

nanti package_file.rpm berubah menjadi package_file.deb

Mudah-mudahan itu yang dimaksud.

Salam
Yoseph Handoko
Palembang

[...]

achya arifudin
On Tue, 2006-01-10 at 20:37 +0700, Frans Thamura wrote:

> saya pake, tetapi yah itu oo 2.0nya gak beres, sampe sekarang patchnya
> untuk OO 2.0 belum keluar.
>
> ini yang jelek dari ubuntu.
Ubuntu yang mana? Coba ubuntu 5.10. OO 2.0 saya wajar-wajar saja.

Re: ubuntu untuk notebook

Ali Milis
> Ubuntu yang mana? Coba ubuntu 5.10. OO 2.0 saya wajar-wajar saja.
OOo yang digunakan 5.10 ialah yang pre-release yaitu 1.9.129

--
 Ali Milis -- https://wiki.ubuntu.com/AliMilis
Counted GNU/Linux Engineer # 405138 - http://counter.li.org/

Re: ubuntu untuk notebook

Andi Darmawan-2

Re: ubuntu untuk notebook

Frans Thamura @ Intercitra
Ali Milis wrote:

> OOo yang digunakan 5.10 ialah yang pre-release yaitu 1.9.129

yah betul, ini kelemahan Ubuntu, yg 2.0 beneran atau 2.0.1 gak ada paketnya

ada yang tahu dimana downloadnya?

> [...]

Ali Milis
> yah betul, ini kelemahan Ubuntu, yg 2.0 beneran atau 2.0.1 gak ada paketnya

Bukan kelemahan, lah! Saat 5.10 keluar, OOo 2.0 belum keluar,
Cara yang paling aman, menunggu sampai Ubuntu 6.04

--
 Ali Milis -- https://wiki.ubuntu.com/AliMilis
Counted GNU/Linux Engineer # 405138 - http://counter.li.org/

Re: ubuntu untuk notebook

A.Muammar W.K
On 1/11/06, achya achya gawab arifudin <[hidden email]> wrote:
> [...]

> untuk OO 2.0 belum keluar.
>
> ini yang jelek dari ubuntu.
Ubuntu yang mana? Coba ubuntu 5.10. OO 2.0 saya wajar-wajar saja.

say pake toshiba tecra 8100
denagn 5.10  dan OOo 2.0 gak ada masalah tuh
kalo lambat sih emang laptop saya ,sebanding dengan Office XP di win XP :lol:

--
cheers,

Re: ubuntu untuk notebook

Andi Darmawan-2

Re: ubuntu untuk notebook

Frans Thamura @ Intercitra

> Bukan kelemahan, lah! Saat 5.10 keluar, OOo 2.0 belum keluar,
> Cara yang paling aman, menunggu sampai Ubuntu 6.04

gak bagus lah solusi seperti ini, kalau beneran solusi buat bisnis,
harusnya ada patch khusus untuk breezy untuk oo2.0 ini kan fitur penting

kalau nunggu terus, emang bisnis nunggu versi?

Frans

Re: ubuntu untuk notebook

Andi Darmawan-2

Re: ubuntu untuk notebook

Issotyo P.B Sulistyo
Barusan coba dan ngaco :))
Mending download installernya dari openoffice dan install.